Translate

Kamis, 29 Januari 2015

TUAH SI BAJAK LAUT

Tuah si Bajak Laut


                   Perut emang paling ga bisa diajak kompromi kalo lagi kebelet laper, apalagi kalo perut udah bunyi bunyi bernada tinggi, jedag jedug serasa para cacing di perut lagi berdisko. Begitupun juga sama kedua kawan gue si Mawan dan Ayun yang kebetulan juga lagi laper sama kayak gue. Berhubung kita samaan nasib maka kita memutuskan buat makan barengan aja, berharap ada yang bayarin diantara kita. Siapa tau kan ? Misal pas kita lagi makan, terus tau-tau gebetan si Mawan atau si Ayun nelpon “ .. pokoknya aku mau jadi pacar kamu detik ini juga.. ”. Kan gue juga ikutan bahagia, pulang-pulang perut kenyang dompet sejahtera, dan langsung dah Gue doain detik itu juga supaya langgeng dan cepet punya momongan. By the way polemik pajak jadian (PJ) seperti ini telah banyak memakan korban, diantaranya pernah ditemukan di jalanan tewasnya dompet yang sudah kering, diduga pemilik korban dompet ini abis nraktirin warga se-RT karna ketauan ketua RT jadian ama gebetannya. Tapi Gue rasa tradisi kayak gini perlu juga dilestarkan, kalo perlu diabadikan malah. Kan lumayan buat nambel utang negara melalui pendapatan pajak jadian, siapa tau utang negara yang bejibun gitu langsung lunas kalo pemerintah menerapkan program BPJS ( Bayar Pajak Jadian Se-indonesia).
Balik lagi, pada akhirnya gue Ayun ama si Mawan bermusyawarah untuk menentukan dimana tempat kita akan makan. Cukup terjadi perdebatan yang alot dan sengit antara kita bertiga dalam menentukan tempat makan malam itu.

Ayun                : “Mau makan dimana nih ?”

Gue                  : “ Makan di nasi goreng sapi aja yuk ? yang deket sma 3 itu ?

Mawan            : “ah nggak enak nasi gorengnya menurut gue, sapinya udah ke-tuaan coy !”

Gue                  : “ … “ (Backsong ’ kalo sapi bisa ngomong’)

Satu per satu ide bermunculan untuk mencapai suatu mufakat. Meskipun terjadi perdebatan tidak berkualitas antara kita bertiga, tapi kita yakin sepenuh jiwa bahwa itu akan menghasilkan keputusan yang tepat, akurat dan tetep tidak berkualitas. Hingga ditengah kepusingan kita untuk memilih tempat makan, tiba-tiba si ayun dengan aura meyakinkan memberikan ide.

            Ayun                : “ Makan seafood mau ga ? tapi kalau ga mau yaudah.”

            Gue                  : “ gimana wan menurut loe kalo di seafood?”

            Mawan            : “ nurut “

Duh si Ayun menawarkan pilihan yang sangat menggiurkan, tapi cukup memprihatinkan bagi dompet gue. Kebingungan pun melanda hati gue, di sisi lain gue pengen makan enak, tapi di sisi lain dompet tinggal seribu.

            Ayun                : “Gimana ? kalo nggak mau juga gapapa, gue makan sendiri aja ni.”

            Gue                  : “ Gimana nih wan ?”

            Mawan            : “ nurut “

Yaelah, ini si mawan ditanyain malah nurat-nurut aja lagi, malah nambah gue semakin galau untuk memutuskannya. Gue berpikir sejenak untuk menentukan pilihan itu, ini lebih sulit milihnya dibanding  suruh milih jawaban soal pilihan ganda matematika. Gue ngelirik muka si ayun bentar, kayaknya dia udah yakin amat mau kesana. Gue ngelirik mukanya si Mawan, kayaknya polos-polos aja. Dilema ini tu ibarat loe makan soto pake tangan, susah buat nyiduknya kan ? begitupun rasanya sulit bagi gue untuk ngejawabnya. Tapi akhirnya setelah 180 detik berpikir, gue putuskan bahwa gue juga nurut aja deh, sekali-kali makan enak dan banyak gizi, itung-itung ngisi nutrisi otak gue supaya IPK gue nambah gitu kek.

            Ayun                : “ Gimana jadinya ? “

            Gue                  : “ nurut “

            Ayun                : “ oke, kalo loe wan ?”

            Mawan            : “ nurut “

Pada akhirnya kita memutuskan kesimpulan akhir, yaitu ‘nurut’ untuk makan di seafood aja, dan si Ayun sebagai penunjuk jalan ke rumah makan itu, karena dia sebagai pencetusnya. Si ayun kayaknya udah yakin amat sama pilihannya itu meskipun dia belum pernah makan disana, hanya berdasarkan insting dan feeling kalo rumah makan yang kita tuju itu nggak salah pilih.

            Keberangkatan kita malam itu serasa melakukan suatu perjudian makan, si Ayun sebagai sang Bandar yang seolah mempengaruhi kita dengan ajakan menggiurkannya, lalu gue dan Mawan seperti mahasiswa polos tak berdosa yang lagi megangin gagang permen lollipop sambil jalan make sandal ababil yang berbunyi. Hingga sampailah kita semua di rumah makan seafood tersebut, dilihat dari bentuknya gue harap rumah makan itu bisa ramah terhadap isi dompet gue. Gue mulai masuk dengan langkah gontai sambil lirak-lirik suasana sekeliling, dan kita pun mulai memilih tempat duduk buat makan. Tiba-tiba sembari kita sedang memilih, seorang pelayan menghampiri dengan sangat ramah dan mempersilahkan kita, kemudian memandu kita memakai sabuk pengaman dengan memperagakannya. Oh ternyata sang pelayan itu adalah pramugari yang salah alamat bung, sampe-sampe duduk di meja makan aja dipandu pake sabuk pengaman segala. Ha_ha (garing maksimal !). Lupakan.

            Setelah kita duduk di meja terpilih, sang pelayan pun dengan senyum bahagia mempersilahkan kita untuk memilih menu  makanan yang ada di rumah makan tersebut. Lalu mata kita mulai mengeksplorasi menu apa aja yang cocok buat perut dan cocok buat kantong kita. Seperti memilih pasangan hidup, Cukup lama kita bertiga dalam menentukan makanan apa yang cocok pada malam hari ini. Si Mawan karna bingung, dia nanya ama sang pelayan “menu apa yang spesial ?”  Gue pikir si Mawan ini ngapain nanya-nanya menu spesial segala, pasti kan mahal harganya, tapi gue si mikir positif aja, oh mungkin dia udah nabung sewindu khusus mempersiapkan beli menu spesial di malam ini kali yak. Eh tapi gue liat daftar harga menu makanan seafood di sini tergolong murah meriah si. Mulai dari ikan laut, kerang, udang, cumi sampe kepiting rata-rata 15.000an doang. Kok aneh ya pikir gue kenapa bisa ga mahal, apa mungkin rumah makan ini mendapat subsidi silang dari pemerintah atau mungkin dapet dana BOS (Biaya Ongkos Seafood) kali ya. Kayaknya ini hari keberuntungan kita, bisa makan enak dengan harga murah begini. Ihirrrr.

            Gue memutuskan buat beli Kerang ijo saus padang, si Ayun milih Soup Ikan Bawal Palu Mara, dan si Mawan memilih menu spesialnya yaitu Kepiting saus bajak laut, dan harga dari makanan kita ini 15.000an semua. Raut wajah riang gembira tampaknya menemani malam yang spesial ini bersama kita, seakan merayakan selebrasi goal kemenangan Indonesia senior ke gawang Brazil Usia-10 tahun. Jarang kan kita bisa begini, biasanya si di kos kadang kalo kepepet hanya makan nasi berlauk nasi aja, kalau lagi awal bulan baru deh makan nasi sama ayam selama dua mingguan, abis itu balik lagi makan nasi berlauk nasi. Lalu akhirnya pesenan kita mulai diproses ke dapur yang ditangani oleh chef-chef professional gitu keliatannya si. Waktu terus berjalan, detik menit berlalu, sampai tiba hampir satu jam !! kampreet lama juga ! tu pesenan kita belum dateng-dateng, mungkin itu chef-chef nya masih beli bawang di pasar sama nangkepin kepiting di laut dulu !! Mana perut kita udah kayak babon teriak-teriak lagi.

            Akhirnya pesanan pertama dateng yaitu punya gue, kerang ijo saus padang. Keliatannya enak si, tapi kok porsinya pelit amat cuma sepiring kecil , padahal populasi kerang ijo di dunia masih banyak dan belum langka (ah sudahlah). Kemudian pesanan kedua tampaknya dari kejauhan sudah mulai diantar ke meja kita, Soup ikan bawal palu mara pesenan si Ayun dateng juga. Tapi ini beda, banyak banget porsinya kayak porsi keluarga gitu, dengan mangkok yang besar dan daging ikan bawal yang banyak amat, padahal harganya sama kayak punya gue !! Dan yang terakhir pesenan si Mawan diantarkan, Kepiting saus bajak laut dateng juga. Ini juga sama aja kayak si Ayun, porsinya ajib banget dengan satu kepiting gede di piring, padahal harganya sama juga kayak punya gue. Kenapa cuma kerang ijo yang porsinya dikit ? apa karna gue keliatan muka kriminal, terus ga boleh makan banyak ? perasaan muka gue udah unyu kayak teletubies berpelukan deh. Tapi yaudahlah, gue ikhlas aja tanpa prasangka buruk apapun kepada siapupun itu. Siapa tau kerang ijo gue cuma porsinya dikit karna diambil langsung dari samudra pasifik sana, itung-itung menghargai susah payahnya nyari kerang ijo kesana.

            Kita pun mulai menikmati hidangan yang telah dipesan masing-masing, si Ayun keliatan lahab banget makannya, lalu si Mawan keliatan lahab dan brutal makan kepitingnya. Hingga ditengah kenikmatan menikmati hidangan ini, sang pelayan datang menghampiri dan memberikan sebuah struk yang bertuliskan :

1 X Kerang Hijau Saus Padang
6 X Kepiting Saus Bajak Laut
6 X Soup Ikan Bawal Palu Mara
3 X Nasi Putih
2 X Es teh
1 X Jeruk Panas
Wednesday 14-01-15              19-22-32

Tampaknya ada yang aneh dari struk yang diberikan sang pelayan tadi, kelihatan ada angka janggal yang seharusnya tidak tertera di struk itu.

            Mawan            : “Eh ini maksudnya apa si ada tulisan enam kali kepiting gini?”

            Ayun                : “ Iya, ni apaan yak maksudnya enam kali soup bawal  juga?”

            Gue                  : “ Ga tau, salah ketik kali tu orang, udah lanjut makan aja”

Sejenak si Ayun dan Mawan berhenti makan sebentar untuk berpikir apakah maksud dari struk yang diberikan sang pelayan tadi. Tampak raut wajah kebingungan terpampang jelas diantara mereka, sementara gue cuek bebek nanggapin struk itu.

            Mawan            : “ Eh rio, tapi punya loe tulisannya cuma satu kali kerang ijo doang loh”

            Gue                  : “ iya juga sih, coba deh loe tanyain wan “

Akhirnya si mawan manggil sang pelayan dan mulai bertanya kepadanya,

            Mawan            : “ Mbak, ini maksudnya ada tulisan enam kali tu apa ya ?”

            Mbaknya         : “ oh iya mas, itu maksudnya enam ons dikali harga per porsi mas”

            Mawan & Ayun : “…” (perut mulai mual)

            Mawan            : “ Jadi itu tuh maksudnya 15.000 dikali enam ons gitu mbak !!??”

            Mbaknya         : “ Iya mas “ (dengan senyum bahagia)

            Mawan & Ayun : “ Kaaampreeeettttttt !! “ (dalam hati)

            Mawan            : “ makasih mbak” (senyum maksa !)

Ternyata enam kali artinya bahwa Mawan dan Ayun harus memesan 6 ons sekaligus dengan harga per ons adalah 15.000 rupiah, jadi jika di total maka harga dalam sekali makan mereka adalah 90.000 rupiah per satu porsi !! belum lagi ditambah satu gelas es teh dan nasi putih, jadi keseluruhan yang harus mereka bayar dalam pesta makan malam kampret ini adalah 105.000 rupiah !!! untung aja gue cuma keitung 1 ons doang tu kerang, ternyata gue lebih bersyukur dapet porsi kecil ini dibanding gue makan rasanya jadi kagak nikmat karna mikirin gimana caranya puasa 40 hari setelah dompet gue tewas ngebayar 105.000 rupiah !.

            Emang bener jomblo sih jomblo, perut harus tetep diisi dan ga boleh nyerah karena udah ngejomblo seabad, tapi menurut gue seukuran mahasiswa makan satu kali kayak gitu bisa buat makan gue sebulan di kos. Dan kemudian setelah mereka makan dengan perasaan termehek-mehek, si Mawan dengan aura sok tegar memulai percakapan lagi.

            Mawan            : “Sudahlah kawan, kita ambil hikmahnya saja ya dari semua ini.”

Si Ayun pun merespon pernyataan Mawan dengan raut sok bijaksana.

            Ayun                : “Iya betul, mungkin kita kurang beramal kawan”

Gue ga ngebayangin gimana rasanya jadi mereka, mungkin dibalik ketegaran dan kebijaksanaan kata-kata itu, hati mereka mengatakan “gue harus puasa 40 hari setelah makan ini !!” Tapi serasa belum terima ama nasibnya dan belum terima kenyataan kalo cuma gue yang bayarnya paling dikit dan normal, si Ayun menegur gue ditengah makan.

Ayun                : “ Rio, mending loe cek lagi tu, jangan-jangan per kerang yang loe makan  
                            itu diitung 1 ons kali !!”

Gue                  : “ Plis yun, jangan ngerusak selera makan gue dah.”

Ayun tampaknya yang paling belum bisa menerima kenyataan ini. Huff, hidup itu memang keras  kawan!! Kalo si Mawan gue liat dia tetep dengan tampang sok tegar nya sembari makan kepiting saus bajak laut dengan brutal yang udah ngebajak dompetnya dengan brutal juga.

            Seusai menyelesaikan hidangan kita masing-masing, kita mengambil tisu untuk membersihkan sisa makanan di mulut, dan si Ayun yang daritadi masih keliatan dendam sama ikan bawal yang udah masuk perutnya, berkata dengan sangat bijaksana dan cerdas.

            Ayun                : “ Abisin aja tuh tissunya, udah bayar mahal-mahal disini kan. Biar kagak
                                        rugi !! abis itu pas cuci tangan, abisin juga tuh sabunnya !!”

            Rio                   : “Sendok ama garpunya dibawa pulang sekalian ga yun ?”

            Ayun                : “ cerdas loe !”

Gue, Ayun ama si Mawan emang mahasiswa akuntansi, jadi setiap uang yang bergulir keluar harus diperhitungkan, begitupun malam ini karna udah makan mahal, maka pulang-pulang ga boleh rugi, paling nggak tissu ama sabun cuci tangan di rumah makan itu harus abis ama kita pokoknya.

            Ternyata setelah usai makan dan sudah membayar di kasir, penderitaan kita belum selesai sampe disitu pula. Ketika kita sudah siap berkemas menggendong tas, dan melangkahkan kaki satu langkah ke pintu keluar, tanpa ada suara dan angin, tanpa ada tanda apapun, bahkan tanpa ada perasaan negatif dari kita sedikitpun, tiba-tiba ujan turun deresssss !!!!!! bagaimana bung perasaan anda ? ada batu buat dicemil gak ya !!!!??#!$%^&$###$%$! Belum lagi gue dapet kabar bahwa mereka gatel-gatel badannya sepulang dari makan seafood kampret itu. Ternyata ini yang namanya udah jatuh ketimpa badak pula !!!!

Written by       : Rio Aditya Nugroho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar