Translate

Kamis, 29 Januari 2015

ITU HANTU APA HELM

ITU HANTU APA HELM 




Hantu ? Apa yang pertama ada di benak loe ketika mendengar kata ini ?

           Banyak mitos tentang hantu yang tersebar di nusantara. Kadang orang lewat make baju putih malem- malem dibilang hantu, cewek beli sate tengah malem dibilang hantu,       “ Bang... satenya seratus tusuk bang.... nggak usah pake cabe bang... mahal sekarang cabe bang.. mending cabe-cabean bang.. kayak aku..hihihi..” ( ternyata cewek cabe-cabean ababil yang beli !! ). Gue ga ngerti sama kebanyakan orang-orang sekarang ini, kayaknya tu segala  hal dianggap menyeramkan dan horor, lewat depan rumah kosong aja serem, lewat depan pohon asem serem, lewat depan pohon pete juga serem, apa coba yang kagak serem ? seandainya loe tau, gue yakin itu tadi belum se-horor ketika loe dicolek ama banci ngamen ababil di jalan “ ih.. mas nya ganteng deh... udah punya pacar belum ? eke mau loh... mmuaahh...” ASSEMMM MERINDINGGG GUE !! pulang-pulang bilas make tanah tujuh kali !

            Kejadian-kejadian aneh yang melibatkan apapun itu, selama kagak keliatan pake mata pasti dibilang hantu. Ini ga adil menurut gue, seolah-olah loe mencari kambing hitam yang kagak bisa di kambing hitamkan. Seperti nyokap gue yang selalu menuduh bahwa hantu lah pelakunya ketika keran air di kamar mandi nyala tengah malem “ Adit.. tau ga mama denger keran air di kamar mandi nyala tengah malem... hiiii...itu pasti hantu ! PASTI HANTUU MAMA YAKIN !! PASTI !!..” gue menghela nafas buat nanggepin nyokap gue,           “ mama.. semalem aku itu lagi diare bolak-balik kamar mandi nayalain keran..”. Mendengar jawaban gue itu nyokap terdiam sejenak menghela nafas, lalu kembali menunjukan ekspresi horornya kepada gue, “ Adit....?..Jangan-jangan.... kamu... kerasukan HANTU DIAREEE !! hiiiii..!!!”. oke fine, pada akhirnya hantu tetap lah menjadi kambing hitam.

            Nyokap gue itu paling takut ama yang namanya hantu, tapi dia suka sok-sok’an nakut-nakutin gitu. Kadang dia teriak histeris nakutin gue dari belakang yang lagi mau ngambil handuk buat mandi, ujung-ujungnya ternyata dia ngerebut handuk gue karna mau mandi duluan, dan gue pun disuruh nungguin di depan kamar mandi, jagain supaya kagak ada hantu katanya. Emang ngaruh gitu kalo ada gue hantu pada kabur ?!!? “ hihihihi... saya kuntilanak loh...” terus ngeliat gue, “ eh gak jadi deh, saya pergi aja !! ... hihihi.... ” dan gue rasa itu KAGAK NGARUH !! Gue malah serasa kayak jadi pembawa acara masih dunia lain, tapi bedanya lokasi uji nyali nya adalah di kamar mandi, “ Mama... ini adit kasih lilin untuk satu-satunya alat penerangan di kamar mandi, lampu di sini mati karna belum bayar listrik, dan mama di sini wajib mendeskripsikan apa saja yang mama rasakan selama di dalam kamar mandi ini, mungkin samponya abis atau odol nya terlalu pedes atau mungkin ada sikat gigi masuk ke lobang WC, maka harus dideskripsikan, nanti adit ambilin punya tetangga sebelah, dan yang terakhir jika mama tidak kuat untuk melanjutkan maka langsung gedor pintunya aja ampe jebol !! ga ada kamera, soalnya mau beli kamera kemahalan..! SELAMAT BERUJI NYALI DI KAMAR MANDI..!!! ”. Lalu gue pergi mencari peserta selanjutnya, dan menemukan bokap gue sebagai peserta selanjutnya untuk beruji nyali dalam episode ‘ KAMAR MANDI ANGKER MATI LAMPU KARNA BELUM BAYAR LISTRIK !!’ Jeng jeng jeng !.

            Belum lama gue dikagetkan dengan cerita nyokap tentang sosok penampakan yang selalu muncul setiap malam di jendela taman belakang rumah gue. “ Adit.. mama tiap malem lihat ada sosok kayak orang udah tua, rambutnya putih gitu di jendela rumah tetangga deket taman belakang rumah kita loh..”, mendengar gosip hantu dari nyokap tadi, membuat gue jadi penasaran, “ ah masak si ma ? mungkin itu tetangga nenek-nenek kali lagi duduk deket jendela.” Gue nanggepin tanpa ada rasa curiga. “ Eh kamu tuh gimana sih, tetangga kita itu kan cuma sepasang suami istri yang masih muda kok, ga ada orang tua di sana !” kata nyokap meyakinkan. Pada akhirnya gosip ini merambah di sekujur otak gue, sehingga membuat gue jadi makin penasaran, meskipun gue tau bahwa kadang cerita hantu dari nyokap sering tidak dapat dipertanggung jawabkan. Tapi kali ini gue penasaran banget pengen tau, siapa tau beneran ada hantu dan gue harus mengundang tim pemburu hantu buat ngebasminya, atau ngundang Rhoma Irama buat nasehatin, “ Kau ini hantu.... TERLALUUU.. janganlah kau ganggu mereka tengah malam begini, karena begadang itu tidak baik kecuali kalau ada perlunya..” jreng jreng... langsung konser Soneta dadakan di rumah gue !!

            Akhirnya malem pun tiba, kita sekeluarga makan malam di ruang keluarga. Nyokap yang udah selesai makan langsung beranjak dari tempat duduknya dan berjalan menuju pintu belakang taman, sementara gue masih asik nikmatin makan malam sambil nonton tipi. Kemudian “ ADIIITTTT.....!!!” sontak gue kaget, dan langsung mendatangi nyokap, “ KENAPA MA KENAPA !!!??” tanya gue histeris, “ Ayok temenin mama ngambil handuk di taman belakang... mama takut..” (TEPOK JIDAT !). Gue kirain apaan nyokap tereak-tereak histeris, ternyata suruh nemenin buat ngambil handuk nyokap. Lalu setelah gue nganterin nyokap ngambil handuk, langkah nyokap terhenti ,” Adit... Adit... itu liat yang kemaren mama bilangin ada sosok nenek-nenek di jendela tetangga !! hiii...“ gue lihat ke arah yang nyokap tunjukin, dan ternyata emang keliatan samar-samar ada. Tapi gue ga yakin itu nenek-nenek atau orang tua yang ada di jendela, mungkin itu orang yang make helm putih di dalem rumah ? gue ga tau ngapain dia make helm dalem rumah !! Ataukah mungkin itu nenek-nenek yang make helm putih di dalem rumah agar ga ketahuan kalau dia adalah nenek-nenek yang lagi nonton Moto GP !! Maka hipotesis idiot gue ini hanya menimbulkan satu pertanyaan, ‘ KENAPA HARUS HELM PUTIH YANG DIPAKEE TU ORANG ??!! ‘ Beli kek helm polkadot yang lebih unyu gitu kan bisaa !! Tapi sebenernya... gue tau kalo itu bukan orang yang make helm. Mana mungkin ada orang kurang kerjaan make helm dalem rumah kali. Jadi... pertanyaannya sebenarnya hanya satu ‘ Itu helm beli dimana yak ??? ‘

            Akhirnya nyokap dan gue terhenti sejenak buat merhatiin bener-bener tu sosok di dalam jendela tetangga, “ coba dit deketin sana, apaan sih itu ? mama takut..” gue pun dengan sok berani dan sambil nahan pipis ngedeketin tuh jendela, gue perhatiin dengan teliti dan seksama apaan sih itu, “ Ma.. kayaknya itu orang deh, bukan hantu kok “ kata gue sambil balik badan ke belakang, dan ternyata nyokap udah kabur duluan. Esok harinya, pada jam yang sama nyokap lagi-lagi manggil-manggil gue buat ngeliatin tuh sosok di balik jendela tetangga. Sempat terpikir di otak gue buat ngedobrak  aja tu jendela dengan nyamar make topeng badut biar ga ketauan, tapi takut diteriakin lalu digebukin warga dan tetangga “woyy.. ada badut ancol mabok woyy...”, maka gue urungkan niat itu. Sehingga setiap malam pun kita selalu dihantui dengan sosok di jendela tetangga itu, rasa-rasanya baru kali ini gue ngerasa penasaran banget selain penasaran kenapa Smash bisa bubar atau kenapa Einstein menemukan bom atom duluan daripada kacang atom duluan !.

             Sampai saat ini belum sedikitpun terungkap siapa sosok dibalik itu, sehingga sosok tersebut masih menjadi suatu misteri, dan kami masih selalu melihatnya di setiap malam berlangsung, akan tetapi bang Rhoma Irama gak jadi dateng (sungguh TERLALU). Tapi satu-satunya hal yang gue yakini adalah itu bukan hantu ! BUKAN !! karena gue yakin kalo itu adalah nenek-nenek make helm putih yang lagi nonton Moto GP !! PERCAYALAH ! PERCAYALAH !!

Tapi ngomong-ngomong ‘ Itu helm belinya dimana yak ????? yang POLKADOT ADA GA ????’


Written by : Rio Aditya Nugroho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar