Translate

Kamis, 29 Januari 2015

KUDANIL NYENGIR

Kudanil Nyengir




Namanya mahasiswa emang ga pernah luput dari ujian,entah ujian tengah semester, ujian akhir, ujian hati, ujian kanker alias kantong kering,ampe ujian kesendirian alias jomblo.Gue adalah mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi negeri diYogyakarta, sebut saja UNY, dan nama gue Rio. Gue di Jogja ini ngekost di deket kampus, alasan di deket kampus karna yang pertama ngirit, dan yang kedua biar kenal ama satpam kampus, jadi bisa kerja sambilan nyatpamin kampus itung-itung berbakti pada negara dan kampus gue.Sama seperti mahasiswa lainnya bahwa gue juga ga akan luput dari yang namanya ujian, kecuali kalau gue mahasiswa yang menyamar jadi dosen atau rektor, gue yang ngadain ujian sesuka gue kan jadinya, Hahaha!!, Oke fine itu ga lucu jadi Lanjut aja, ngomongin tentang ujian, saat ini gue lagi menempuh ujian akhir di semester lima, tapi duka cita jadi mahasiswa semester lima adalah mulai dikatain ama adek tingkat bahwa “udah tua”, dan itu tuh sakitnya di sini.



Nah, bagi ente- ente tersangka alias adek tingkat yang suka ngatain begitu, gue kasih tau bahwa mahasiswa smester lima adalah keren, kenapa gue bilang keren ? ada beberapa indikator yang mendasari teori gue ini.Pertama, mahasiswa smester lima adalah mahasiswa yang telah cukup banyak memakan asam garam kehidupan di kampus, baik ngejomblo selama lima smester berturut-turut (pie prasaanmu?),duduk berdampingan dengan adek tingkat buat mendalami mata kuliah yang ga lulus-lulus, sampe nembak cewe yang dari seribu percobaan dan gagal seribu kali juga. Kedua, mahasiswa smester limalebih banyak ilmunya, mulai dari mempelajari ilmu copas tugas agar gak ketahuan dosen sampe ilmu kebal, yah kebal di tolak cewek berkali-kali. Dan yang terakhir, mahasiswa smester lima adalah mahasiswa yang visioner yaitu selalu berpikir jauh ke depan, mau punya istri berapa ? anak berapa ? dan mau nge-jomblo berapa abad lagi ? atau bahkan mikir gimana kalo si dia jadi pendamping hidup ente-ente sekalian (hayo ngaku aja ). So guys gimana menurut loe bahwa mahasiswa semester lima keren banget kan ? dan kali ini gue bisa ketawa bangga sambil muterin gayung dong ? hahaha (garing !)



Jadi mahasiswa emang selalu terikat dari yang namanya IPK atau Indeks Prestasi Komulatif bukan Iwak PeyeK (gue tau ini maksa). Orang tua selalu menagih yang namanya IPK, “ gimana IPK mu?”, bagi mahasiswa muridnya Albert Einstein tentu pertanyaan itu adalah pertanyaan yang diharapkan, akan tetapi bagi mahasiswa muridnya sun gokong itu pertanyaan yang tidak diharapkan tentunya. Sebenernya kenapa sih IPK itu dianggap dewa banget ? padahal sukses itu bukan berdasar IPK kan ? kalian bisa sukses dari banyak hal bro, iya tho ? betul tho? mantep tho? Opo tak gendong ke mana-mana ? hayo ? Tapi terlepas dari itu menurut gue sih wajar aja kalau orang tua nanyain IPK kita,daripada nanyain “ kapan nikah ? kapan punya momongan ?”, gue rasa itu lebih menguras otak buat ngejawabnya.


Bagi mahasiswa kuliah itu ngebosenin, bagi yang jenius sekalipun pasti tetep aja ngebosenin gue yakin. Sehingga gue dan temen-temen gue gak terkecuali sering ngiler di kelas, sampe kadang bawa baskom sendiri buat nadahin kalo ngeluber kemana mana tu iler.Yah, memang kuliah itu menurut gue Cuma hari bagi yang dapet presentasi aja, bagi yang ga presentasi kuliah di kelas adalah ajang ngelanjutin mimpi yang belum kelar semalem. Tapi ada juga trik lain menghilangkan kebosanan di kelas, yaitu surat menyurat antar teman.Yah, biasanya hal ini hanya terkhusus untuk cewek, biar ga kliatan ngobrol di kelas, maka mereka surat menyurat padahal Cuma sebelahan doang duduknya !! dan gue pernah beberapa kali melihat isi surat itu,isinya adalah ngomongin orang dengan topik pembicaraan yang kagak penting alias gossip lokal ga jelas yang hanya dapat dipahami olehpenggosip.
A : “ Eh kamu tau ga si, itu si Udin kuliah pake kaos kaki tapi ga pake sepatu coba ?”
B : “Eh masak sih ? kamu kan juga sama kayak si udin?”
A : “ Oh iya lupa”
Ada juga yang makan permen karet di kelas, nah mahasiswa spesies seperti ini adalah yang paling menyebalkan karna sehabis dia makan permen karet maka ia menempelkan permen karet itu di bawah pegangan kursi kuliah, dan bagi loe yang nasibnya beruntung seandainya loe adalah mahasiswa yang duduk di kursi panas tersebut selanjutnya, dan akhirnya menyentuh permen karet berbau super jigong itu akan merasakan sensasi yang tiada tara. (percayalah!)


Bagi gue jadi mahasiswa itu nano-nano banget, kita akan merasa seperti ultramen tajir di awal bulan dan segera berevolusi jadi power ranger diare mendekati akhir bulan nungguin kiriman duit ga dateng-dateng. Maka ketika kehabisan duit, ada beberapa cara yang gue lakukan demi bertahan hidup, yaitu mintain nasi ke temen kos atau kadang ngemilin baut dan gagang pintu kalo kepaksa (sedih !).Masalah keuangan yang tidak dapat diatur dengan baik emang cukup menyulitkan gue sebagai mahasiswa perantauan (Klaten-Jogja),kadang kalo lagi mujur ya ikut seminar-seminar gratis biar dapet makanan gratis (lebih enak daripada ngemil baut sama gagang pintu), dan kalo lagi ga mujur maka gue punya tips, yaitu jadilah orang sok asik di kampus, sapa semua orang yang loe lewatin baik itu kenal maupun ga kenal, pokoknya sapa aja, terus ajak bicara asik, dan mintain makananya, kalo loe udah kenyang maka tinggalkan mereka dan senyum dengan raut tanpa dosa, dan untuk melakukan hal ini maka muka loe harus lebih tebel dari tembok cina, tapi itulah tips yang patut dicoba.


Balik lagi ke yang namanya ujian, setiap mahasiswa termasuk gue mau kagak mau harus menempuh yang namanya ujian akhir smester. Nah, dan inilah momen dimana seluruh mahasiswa mendadak jadi manusia paling rajin sedunia. Mau itu adalah mahasiswa yang kerjaanya molor terus dikelas, pasti ketika memasuki momen ini, dia akan dengan sekejap berubah menjadi rajin belajar. Begadang buat belajar jadi rutinitas harian mahasiswa, terkadang sambil merem pun masih belajar, di mimpi pun masih belajar. Berbagai cara demi bisa mengerjakan ujian akhir pasti ditempuh oleh mahasiswa, minumkopi se-galon biar melek, belajar saat ujian berlangsung (gue kagak nyindir), dan kepepetnya adalah mengharap wangsit datang dari awan untuk menggerakan otomatis tangan kita menuliskan jawaban. Suka duka ngerjain ujian emang menjadi cerita tersendiri bagi gue maupun mahasiswa pada umumnya, ketika bisa ngejawab soal maka nyengir-nyengir sendiri nulis jawabannya, dan giliran kagak bisa ngejawab soal maka nyinyir-nyinyir kudanil timbul di raut muka kita, dan saat mendapati kondisi seperti itu maka aji-aji pengawuranbadalah naluri mahasiswa untuk ngejawab soal sambil berharap tangan dosen kesleo, sehingga menuliskan nilai A di kertas ujian kita. Ngomongin aji-aji pengawuran, gue rasa setiap mahasiswa sudah terlahir buat memilikinya, dan ini ibarat ilmu kepepet yang rasanya emang ga bisa dipungkiri lagi. Ilmu ini emang agak nyakitin sih,ibarat loe ditanyain “ Jakarta adalah ibukota negara apa ?” maka loe jawab “ ibukota Arab” (tepok jidat !).



Written by : Rio Aditya Nugroho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar