Translate

Kamis, 29 Januari 2015

KONSULTAN GERABAH ODODNG

Konsultan Gerabah Odong

      
         Bangku kelas hari itu kerasa panas banget bagi gue, bisa dibilang pada hari itu gue dapet jackpot dari dosen dan temen-temen gue. Mungkin kalo bisa nyalain petasan taun baru di kelas, rasa-rasanya bakal lebih ajib lagi untuk menyambut ke-odongan gue di kelas saat itu. Beberapa hari sebelumnya si bapak dosen memberikan tugas yang cukup menarik, ada beberapa soal yang diberikan ama dosen gue itu dalam mata kuliah yang sebenernya gue ga pinter amat, yaitu Akuntansi UMKM (Akuntansi Usaha Mikro Kecil Menengah). Ampe sekarang gue emang odong dalam mata kuliah akuntansi begituan dah, ibarat loe harus susah payah nyari kitab suci ke barat, mau kagak mau harus loe laluin (jangan tanya kenapa gue hubungin ama pilem sun gokong !). Dan mohon jangan tanya kenapa gue masuk jurusan akuntansi, kalo loe maksa nanyain maka gue akan jawab itu adalah suratan realita hidup yang harus gue laluin, haiyah ! (apasih !).

            Bagi gue kuliah saat itu suasananya kayak tegang-tegang gimana gitu, kayak loe mau denger kelulusan ujian CPNS, gue kagak pernah si ujian CPNS tapi kayaknya kurang lebih begitu deh rasanya, anggap aja iya dah. Dosen gue itu rencananya akan menunjuk secara acak di antara kita semua untuk maju ke depan.

Dosen gue  : “Oke, saya akan menunjuk satu di antara kalian dengan acak untuk maju ke depan menjelaskan tugas yang saya berikan kemarin.”

Mahasiswa   : “ ... “ (suara jangkrik)

Dosen gue    : “Tapi ada yang berbeda, jadi kalian di depan berperan sebagai konsultan bisnis yang ahli dalam bidangnya, dan teman-teman yang duduk akan menjadi pengusaha kecil, yaitu pasien sang konsultan yang ingin bertanya banyak hal. “

Mahasiswa   : “ ... “ (suara jangkrik + pasrah !)

Nah, sekilas setelah mendengar dosen ngomong begitu, rasanya kayak pengen garuk-garuk aspal di jalanan kawan. Apakah anda pernah merasakanya wahai sanak saudaraku ? oke, reaksi gue sontak hanya pasrah dengan muka tak berdaya dan berkata “iya aja” ama dosen. Berharap ketika telunjuk dosen udah goyang-goyang nyari mahasiswa yang disuruh maju, dan itu bukanlah gue. Rupanya gak cuman gue yang berpikiran begitu, karena temen- temen gue juga sama aja. Akhirnya bapak dosen mulai menunjuk mahasiswa, tapi dengan mengucapkan nomor induk mahasiswa.

Doen gue      : “ Baik yang maju ke depan untuk menjadi konsultan bisnis adalah nomor 
 induk...”

Mahasiswa   : “ jangan gue, jangan gue..”

Dosen gue    : “ Oh ya, tanggal berapa sekarang ya ?”

Sepertinya cara dosen gue itu adalah cara paling populer yang hampir semua dosen memakainya, yaitu dengan menunjuk nomor induk mahasiswa berdasarkan tanggal hari. Gue heran, apakah seluruh dosen sedunia kalo nunjuk mahasiswa begitu kali yak ? dan sebenernya siapa yang pertama kali mencetuskan ide kayak begitu ?, kenapa gak tanggal jadian gitu atau tanggal kapan pertama kali loe bisa make celana sendiri gitu kek ? lebih kreatif dong !  Ini adalah cara yang paling membuat mahasiswa gusar setiap harinya, setiap kuliah takut kalo hari itu dia ditunjuk ama dosen buat maju ke depan, jadi ga ada hari tenang tiap hari karena dihantui tanggal-tanggal di kalender bro.

            Balik lagi ke suasana deg-dega’an, seraya mahasiswa berpikir ini tanggal berapa, satu anak nyaut dengan muka riang gembira dan bahagia kayak abis boker dari kamar mandi.

A                     : “ Ini tanggal 22 pak “ (muka bahagia)

Dosen gue    : “ Oh ya, silahkan yang mempunyai nomor induk mahasiswa 22 untuk maju ke 
 depan.”

suasana udah agak cair, dan temen-temen gue yang tadinya tegang kayak muka ultramen nahan boker, langsung berubah terlihat seperti anak gembala yang selalu riang gembira dan rajin bekerja. Karena apa ? karena itu nomor induk mahasiswa gue !!!!!!!!!
Dosen gue    : “Oh ya Rio siahkan maju ke depan untuk menjadi konsultan bisnis gerabah ya seperti soal nomor dua dan menjelaskan tentang harga pokok penjualan ya”

Gue                : “ nyengir “

Perlu loe ketahui, soal nomor dua adalah satu-satunya soal yang gue belum ngerti dan kagak ngerti. Oke fine, gue berusaha menenangkan diri sejenak untuk bisa berpikir jernih, tarik napas dalem-dalem, keluarkan perlahan, dan rilekskan badan. Huff, Akhirnya tetep aja gue kagak ngerti ! gimana mau jadi konsultan bisnis pak, ngerti aja kagak !

            Tapi gue tetep stay cool dan tenang menghadapi ini semua, kagak mau lah gue liatin kalo gue odong banget di depan temen-temen gue, walaupun sebenernya iya (kagak bisa ngelak). Akhirnya dengan sok sok’an gagah berani pantang mundur (padahal pengen mundur), gue maju aja. Bodo amat dah gimana jadinya nanti, yang penting gue harus maju untuk mengemban semua tugas ini. Dengan langkah gontai dan perlahan nahan pipis gue maju ke depan kelas, sampailah gue di depan kelas dan menebar senyum untuk memulai akting jadi konsultan bisnis gerabah yang tau segalanya. Yang ada dalam benak gue saat itu adalah “mending gue pulang kampung aja kalo gini maah..”. Tapi tetep gue berpikir ga boleh nyerah gitu aja, dosen sudah mempercayakan semua ini kepda gue, dan gue harus tetep move dari ini semua. Gue mulai membuka percakapan dan akting yang sok tau.

Gue                : “ Baiklah bapak-bapak dan ibu-ibu, perkenalkan nama saya Rio, dan saya adalah konsultan bisnis di sini. Sebelumnya saya ingin bertanya, bapak-bapak dan ibu-ibu di sini pengusaha apa ya?”
Temen2 Gue : “ kami pengusaha gerabah pak..”

Gue                : “ Baiklah bapak-bapak dan ibu-ibu pengusaha gerabah semua di sini, apa yang ingin anda konsultasikan kepada saya ? “

Sejauh ini masih lancar aja sebagai kalimat pembuka gue, dan gue udah mulai tenang 
 walaupun otak gue masih agak odong.

Temen2 Gue : “ Kami ingin bertanya mengenai harga pokok penjualan pak, itu bagaimana ya? “

Gue                : “ Oh ya baiklah, untuk bisa mengetahui Harga pokok penjualan maka bapak-bapak dan ibu-ibu harus tau berapa banyak persediaan awal gerabah nya di gudang pak, bu.”

Dengan gaya sok tau gue ngomong begitu aja, soalnya otak gue cuman inget itu doang, gini nih kalo kuliah kagak kerjaanya molor, ancur dah gue saat itu. Harapan gue, semoga gue kagak menyesatkan jadi konsultan bisnis abal abal kayak gini, yang ada kalo gue jadi konsultan bisnis beneran, bali- balik tu pasien gue bangkrut semua.

Gue                : “ Baiklah bapak-bapak, ibu-ibu, untuk langkah awal kita harus mengetahui persedian gerabah nya dulu ya. Jadi berapa persediaan di gudang gerabah bapak sekarang ?”

Temen2 Gue : “ ... “ (diem aja)

Gue                : “Oke, begini aja ya, saya yang akan memberi contoh sendiri. Misalkan 
persediaan gerabah di gudang ada 1 kg ya pak, bu..” (wajah optimis)

Temen2 Gue : “ Huuahahahahahaha “

Assemm, kenapa lagi mereka ketawa ? emang gue badut pasar malem apa? Orang kagak ada yang lucu. Gue kagak ngerti jadinya, akhirnya gue lanjut aja.

Gue                : “ ini kenapa pada ketawa ya?” (raut muka tak berdosa)

Gue                : “ oke oke, tenang semuanya, mungkin terlalu sedikit ya contoh saya? Baiklah, kalau begitu saya misalkan persediaan di gudang bapak dan ibu adalah 2 kg gerabah aja deh ya ? gimana ?”

 Sekelas + Dosen : “HUAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHHHHHAAAAA !!!!!!”

Assem... kenapa malah tambah ngakak mereka, apa yang salah dari gue ? gue udah mandi tadi pagi perasaan ? udah pake deodoran juga lagi, gue juga udah minum susu dan makan makanan empat sehat lima sempurna ? terus kenapa ? saat ini gue jadi tambah bingung dan hanya bisa pasrah doang.

            Akhirnya mereka selesai ngetawain gue, serasa kayak jadi badut pasar malem yang joget ngebor di tiang listrik. Gue rasa kagak ada yang salah dari diri gue sampe akhirnya ada yang ngasih tau bahwa gerabah itu bukan gabah. Jadi gerabah adalah kerajinan dari tanah liat gitu. Belum lagi pada hari itu dengan riang gembira temen-temen gue membantai gue dengan pertanyaan-pertanyaan kagak jelas, ada yang nanya “gimana pengaruhnya harga pokok kalo rumah saya mati lampu lah?”, ada yang nanya juga “ gimana pengaruhnya kepada harga pokok kalo salah satu keluarga saya sakit lah ?”. ya gue kagak ngerti, emang gue bapaknya.
T_T

Nasihat : Jangan konsultasi ama konsultan gadungan . Kecuali kalo loe pengen jadi pengusaha bangkrut dalam sekejap ! percayalah !

Written by : Rio Aditya Nugroho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar